APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MULTIMEDIA PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DEPOK 01

Authors

  • Rahmat Kurnia STMIK Muhammadiyah Jakarta
  • Warno STMIK Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

aplikasi, pembelajaran, bahasa inggris, multimedia

Abstract

Rendahnya minat belajar Bahasa Inggris disekolah dasar salah satunya dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang di terapkan oleh guru secara konvensional, hal ini menyebabkan siswa merasa kesulitan dalam memahami materi pelajaran bahasa inggris. Bahasa Inggris dasar memerlukan penerapan metode pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat menumbuhkan minat belajar siswa dan mempermudah dalam memahami materi pelajaran, salah satunya dengan penerapan media pembelajaran multimedia interaktif dalam bentuk aplikasi/software berbasis computer. Ruang lingkup permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana membuat media pembelajaran multimedia interaktif dalam bentuk aplikasi / software berbasis komputer, agar dapat mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran bahasa inggris. Metode yang di gunakan adalah metode pustaka, observasi, wawancara, analisis, perancangan proyek, uji coba dan implementasnya. Dengan adanya media pembelajaran multimedia interaktif ini akan bermanfaat bagi siswa dan mempermudah memahami materi pembelajaran bahasa inggris dasar.

Dalam membangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode Media Interaksi Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Animate CC 2017 sebagai pembuatan program, Adobe Photoshop CC 2020 sebagai pembuatan desain gambar, Fruity Loops 20sebagai pengolah suara. Pengembangan sistem ini menggunakan (MDLC) Multimedia Development Life Cycle dengan tahapan Concept, Design, Obtaining Content Material, Assembly, Testing, Dan Distribution. Aplikasi ini dapat dijalankan pada PC (Dekstop) danAndroid dan Aplikasi ini belum ada database dan belum bisa diakses melalui Internet.

Hasil dari penelitian ini dapat membantu para guru dalam melaksanakan proses pembelajaran bahasa inggris dan memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran.

References

(Robbani, 2016) Robbani, G. D. (2016). Game Edukasi Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Audio-Visual untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Universitas Negeri Semarang.

Waziana, W., Anggraeni, L., & Sari, N. L. (2017). Penerapan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Multimedia. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 7, 22–27.

(Pramuaji, 2017) Pramuaji, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Pengenalan Corel Draw sebagai Sarana Pembelajaran Desain Grafis di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 183–189.

Setyawan, F. H. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Berbasis Android. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(2), 92–98.

(Firdania et al., 2016)Firdania, M. S., Tursina, T., & Sastypratiwi, H. (2016). Aplikasi CAI Berbasis Multimedia untuk Pengenalan Bagian Tubuh Manusia pada Anak Usia Dini. JUSTIN (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi), 4(1), 6–10.

Siregar, H. F., Siregar, Y. H., & Melani, M. (2018). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2 (2), 113–121.

(Waziana et al., 2017)Waziana, W., Anggraeni, L., & Sari, N. L. (2017). Penerapan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Multimedia. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 7, 22–27.

(Nurajizah, 2016)Nurajizah, S. (2016). Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Lagu Anak-Anak Berbasis Multimedia. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi Sistem Komputer, 3(2).

(Haris & Hendrati, 2018)Haris, F., & Hendrati, O. D. (2018). Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Pengenalan Landmark Pariwisata Kota Surakarta. Jurnal Teknoinfo,12(1), 7–10.

(Binanto, 2015)Binanto, I. (2015). Tinjauan metode pengembangan perangkat lunak multimedia yang sesuai untuk mahasiswa tugas akhir. Seminar Nasional Rekayasa Komputer Dan Aplikasinya, 148–154.

(Jerwin et al., 2020)Jerwin, L. J. F., Lumenta, A. S. M., & Sugiarso, B. A. (2020). Animasi Interaktif Dua Dimensi Pedoman Gizi Seimbang. Jurnal Teknik Informatika, 15(3), 239–246.

(Prasetia et al., 2018)Prasetia, R., Hidayat, E. W., & Shofa, R. N. (2018). Pengembangan Aplikasi Panduan Pengenalan Kampus Universitas Siliwangi Berbasis Augmented Reality Pada Perangkat Android. JuTISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 4(3), 478–487.

(Septian et al., 2018)Septian, H., Hidayat, E. W., & Rahmatulloh, A (2018). Aplikasi Pengenalan Bahasa Arab dan Inggris untuk Anak-Anak Berbasis Android. Jurnal Online Informatika, 2(2), 71–78.

(Mustika et al., 2018)Mustika, M., Sugara, E. P . A., & Pratiwi, M (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan metode multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2), 121–126.

Downloads

Published

2023-02-27