SISTEM INFORMASI PEMASARAN KOMODITI HEWAN BERBASIS WEBSITE PADA USAHA DAGANG BERKAH

Authors

  • Muhammad Sabar STMIK Muhammadiyah Jakarta
  • Tresna Yudha Prawira STMIK Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

sistem, informasi, pemasaran, komoditi

Abstract

Usaha Dagang Berkah (UD Berkah) merupakan bentuk usaha yang bergerak dibidang pemasaran komoditi hewan, yaitu kambing dan sapi. Karena kegiatan pemasarannya masih menggunakan cara konvensional, maka terdapat kendala kendala diantaranya; informasi yang disampaikan kepada objek pemasaran sangat terbatas, prosesnya relatif lama, spesifikasi komoditi sangat minim, jumlah prospek tidak tercatat jumlahnya, laporan kegiatan pemasaran belum ada sehingga sulit ambil kebijakan karena informasi yang dijadikan sebagai pijakan untuk pengambilan keputusan masih sangat terbatas. Sehingga dibutuhkan Sistem Informasi Komoditi Sapi dan Kambing yang dapat dijadikan sebagai solusi terhadap permasalahan yang ada.

Berdasar pada permasalahan diatas, penulis bermaksud melakukan penelitian dengan mengkaji berbagai teori dan metodologi relevan dengan tujuan untuk mendapatkan akar masalah dan solusi terhadap permasalahan tersebut. Penulis mengusulkan solusi dalam bentuk pengembangan Sistem Informasi Pemasaran Komoditi Hewan Berbasis Website dengan pendekatan metodologi SDLC (System Development Life Cycle), yang terdiri dari tahapan planning, analysis, design, dan implementation.

Hasil penelitian ini adalah sebuah Sistem Informasi Komoditi Sapi dan Kambing yang dapat membantu sebagai media promosi, booking pembelian sapi atau kambing, layanan pendaftaran anggota, dan media komunikasi. Disamping itu Sistem Informasi pemasaran Sapi dan Kambing yang sudah dibangun mampu memperbaiki kinerja sistem yang ada sehingga posisinya menggantikan sistem manual menjadi berbasis sistem. Sistem informasi pemasaran sapi dan kambing masih banyak kekurangan, oleh karena itu inputan dan saran konstruktif selalu penulis harapkan demi perbaikan dimasa masa yang akan datang.

References

R. Abdullah, "Web Programming is Easy," Jakarta, Elekmedia Komputindo, 2015, p. 7.

Ermatita, "Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan," Jurnal Sistem Informasi(JSI), vol. 8, 2016.

T. Sutarbi, "Konsep Sistem Informasi," Yogyakarta, CV. Andi Offset, 2012, p. 29.

A. P. C, Pengantar dan Implementasi Basis Data, Yogyakarta: Deepublish, 2017.

A. Kadir, Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi, Yogyakarta: Andi Offset, 2014.

A. Diana and L. Setiawati, "Sistem Informasi Akuntansi: Perancangan, Proses dan Penerapan Edisi 1," Yogyakarta, Andi Offset, 2011, p. 4.

M. Khaufani, R. Riyadi and Y. Dewantara, "Analisis dan Desain Sistem Informasi Pemasaran," Jurnal Administrasi Bisnis(JAB), vol. 38, 2016.

N. Rahmawati and H. Mulyono, "Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Berbasis Web Pada Toko Billy," Jurnal Manajemen Sistem Informasi, vol. 1, 2016.

N. Rahmawati and H. Mulyono, "Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Berbasis Web pada Toko Billy," Jurnal Manajemen Sistem Informasi, vol. 1, 2016.

A. B. Hikmah and D. Supriadi, "Cara Cepat Membangun Website dari Nol Studi Kasus: Web Dealer Motor," Yogyakarta, Andi Offset, 2015, p. 1.

Yuhefizar and H. Mooduto, "Cara Mudah Membangun Website Interaktif menggunakan content management system joomla," Jakarta, PT Elex Media Komputindo, 2009, p. 2.

Downloads

Published

2023-02-27