SISTEM PAKAR DENGAN PENDEKATAN METODE FORWARD CHAINING UNTUK MENDIAGNOSA TROUBLESHOOTING/KERUSAKAN PADA KOMPUTER CV NEUTRON KOMPUTER

Authors

  • Ma’mun Johari Universitas Muhammadiyah Banten
  • Lidia Kandau Universitas Muhammadiyah Banten

Keywords:

sistem pakar, forward chaining, mendiagnosa, kerusakan pada komputer

Abstract

Sistem pakar adalah suatu program komputer atau sistem informasi yang mengandung beberapa pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia terkait suatu bidang yang cenderung spesifik. Sistem pakar mencoba mencari solusi sebagaimana yang dilakukan seorang pakar. Teknisi komputer membutuhkan waktu dalam mendiagnosa kerusakan yang terjadi pada sebuah komputer (hardware), beberapa masalah bisa diperbaiki dengan mudah, tetapi mungkin tidak dapat diagnosa dengan baik karena kompleknya kerusakan pada komputer terhubung dengan komponen yang satu dengan komponen yang lain. Sistem pakar memiliki kemampuan untuk merekomendasikan sistem koreksi yang tepat dan akurat dimana sistem memanfaatkan kapabilitas proses penalaran untuk dapat mencapai hasil simpulan berdasarkan data dan fakta yang ada. Simpulan atau deskripsi tersebut dari sekumpulan data yang mentah (raw data), pengambilan keputusan tersebut berdasarkan hasil observasi, mulai dari analisis, pengenalan komponen, interpretasi, prediksi yang memproyeksikan akibat dari situasi dan kondisi tertentu yang dapat menentukan penyebab terjadinya malfungsi di dalam situasi yang kompleks berdasarkan gejala yang dapat diamati dengan mendiagnosa yang tepat.

Metode forward chaining merupakan suatu metode penalaran kedepan yang dapat menjadikan fakta-fakta sebagai representasi pengetahuan untuk mendapatkan kesimpulan. Pada forward chaining, data digunakan untuk menentukan aturan mana yang akan dijalankan, kemudian aturan tersebut dijalankan. Dengan aturan metode inferensi dapat menghasilkan suatu simpulan dari beberapa gejala yang disebutkan. Metode forward chaining ini salah satu yang digunakan teknisi komputer untuk mendiagnosa kerusakan pada komputer.

References

Anik Andriani, M.Kom, “Pemrograman Sistem Pakar Konsep Dasar dan Aplikasinya Menggunakan Visual Basic 6”. Mediakom. 2017. Hal. 9

Arhami, M. (2005). Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakarta: Andi Publisher.

Gusti Ayu Kadek Tutik A. Rosa Delima. Umi Proboyekti. “Penerapan Forward Chaining Pada Program Diagnosa Anak Penderita Autisme”. Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik – Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta.

Mardalis. 2009. Metode Penelitian (suatu pendekatan proposal). Edisi 11. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Pramudia, Haris, dan Adi Nugroho. 2017. Sistem Informasi Kerusakan Laptop Menggunakan Metode Naive Bayes. Jurnal Teknologi Elektro, Universitas Mercu Buana. 8(3): 206-214. ISSN: 2086-9479.

Raharjo, Budi. 2011. Membuat Database Menggunakan MySQL. Bandung: Informatika. Riadi, Edi. 2016. Statistika Penelitian Analisis Manual dan IBM SPSS. Andi, Yogyakarta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2022-10-31