GAME SURVIVAL BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN KECERDASAN BUATAN DENGAN METODE WATERFALL

Authors

  • Bambang Judi Bagiono Universitas Saintek Muhammadiyah
  • Raihan Ahmad Zabir Universitas Saintek Muhammadiyah

Keywords:

game, survival, android, kecerdasan buatan

Abstract

Gim bertahan (game survival) telah menjadi tren yang populer dalam industri gim saat ini. Dalam gim ini,  pemain akan menghadapi tantangan bertahan hidup di dalam lingkungan yang penuh dengan musuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah gim bertahan (game survival) berbasis Android yang menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dengan menerapkan metode waterfall dalam pengembangannya. Metode waterfall digunakan dalam penelitian ini untuk mengatur tahapan pengembangan gim secara sistematis, dimulai dari analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian hingga pemeliharaan. Proses pengembangan melibatkan penggunaan algoritma kecerdasan buatan untuk mengendalikan perilaku musuh dalam gim. Algoritma kecerdasan buatan yang digunakan mencakup teknik pathfinding, logika keputusan, dan pembelajaran mesin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan kecerdasan buatan dalam gim bertahan berbasis Android dengan metode waterfall dapat memberikan pengalaman bermain yang menarik. Selain itu, penggunaan metode waterfall dalam pengembangan gim juga memastikan bahwa tahapan pengembanan dilakukan secara terstruktur dan terdokumentasi dengan baik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan gim bertahan berbasis Android dengan implementasi kecerdasan buatan menggunakan metode waterfall.

References

F. S. F. Kusumah, H. Fajri, and M. Al Barake, “Game 3D ‘Zombie Attack’ dengan Menerapkan AI Pada NPC,” KREA-TIF, vol. 7, no. 1, p. 20, May 2019, doi: 10.32832/kreatif.v7i1.2044.

J. J. Knap, The Complete Outdoorsman’s Handbook : A Guide to Outdoor Living and Wilderness Survival, vol. 112, no. 483. 1966.

C. Reed, “Resident Evil’s Rhetoric: The Communication of Corruption in Survival Horror Video Games,” Games Cult., vol. 11, no. 6, 2016, doi: 10.1177/1555412015575363.

R. Mayrhofer, J. Vander Stoep, C. Brubaker, and N. Kralevich, “The Android Platform Security Model,” ACM Trans. Priv. Secur., vol. 24, no. 3, 2021, doi: 10.1145/3448609.

A. C. Mazumdar and A. Jyoti, “Automation of Financial Services Using Artificial Intelligence with Human Touch,” SSRN Electron. J., 2020, doi: 10.2139/ssrn.3698408.

N. I. Putri and Z. Munawar, “Mekanisme umum untuk sistem kecerdasan buatan,” Comput. J. Inform., vol. 06, no. 02, 2019.

I. Bintaro, “Analisa Metode Classic Life Cycle ( Waterfall ) Untuk Pengembangan,” Univ. Sanata Dharma, vol. 1, no. 1, 2014.

M. Bulman, “SDLC - Waterfall Model,” Indep., 2017.

Downloads

Published

2023-07-27