SISTEM INFORMASI UJIAN ONLINE BERBASIS WEB SMK HATAWANA KEBON NANAS JAKARTA TIMUR

Authors

  • Muhammad Ali Nur STMIK Muhammadiyah Jakarta
  • Fisa Wisnu Wijaya STMIK Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

sistem, informasi, ujian, online, waterfall

Abstract

Faktor kecurangan dan contek-mencontek sesama siswa masih sering terjadi pada proses ujian tertulis. Dan guru sebagai pemberi hasil nilai akhir masih mengalami kesulitan dalam menilai lembar jawaban siswa satu persatu. Dari permasalahan tersebut, sehingga dilakukan penelitian untuk membuat sebuah aplikasi ujian Online berbasis web. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan aplikasi ujian online berbasis web sebagai pendukung untuk kegiatan belajar mengajar.

Metode pengembangan sistem menggunakan metode Waterfall versi Ian Sommerville (2011) yang dimulai dari requirement definition/analysis, system and software design, implementation and unit testing,integration and system testing dan operation and maintenance yang diliputi dengan perancangan design user interface seperti halaman ujian online, administrator, siswa, guru, pengaturan jadwal ujian, peserta ujian, mata pelajaran, kelas, soal, dan nilai.

Hasil dari penelitian ini adalah terbentuknya sistem informasi ujian online berbasis web yang mampu memberikan hasil nilai ujian secara langsung kepada siswa setelah selesai ujian. Dan dari sistem tersebut telah tersedia terkait penginputan soal berdasarkan NIS yang genap dan ganjil maupun sistem random untuk membedakan soal dalam mengurangi kecurangan dengan saling contek-mencontek antar siswa.

References

S. Mulyani, Metode Analisis dan perancangan sistem. Abdi Sistematika, 2017.

J. Hutahaean, Konsep sistem informasi. Deepublish, 2015.

J. Hutahaean, Konsep sistem informasi. Deepublish, 2015.

N. Rohman, “F., Hasta Yanto, AB, & Sutarsih,‘RANCANG BANGUN SISTEM

INFORMASI UJIAN ONLINE BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE WATERFALL (Studi Kasus: SMK Darma Nusantara Pandeglang),’ Indones,” J. Netw. Secur, vol. 7, no. 3, pp. 22–27, 2018.

H. Rinaldy, “Sistem Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) pada SMK Bina Mandiri Bekasi,” J. Ilm. KOMPUTASI, vol. 18, no. 3, pp. 271–286, 2019.

A. M. Kosa, M. A. Sutisna, and H. Dwiatmodjo, “PERANCANGAN SISTEM UJIAN ONLINE BERBASIS WEB DI SMP NEGERI 01 CIKARANG SELATAN,” J. Sibernetika, vol. 4, no. 2, pp. 1–8, 2019.

N. W. S. Saraswati and D. M. D. U. Putra, “Sistem Ujian Online Berbasis Website,” S@ CIES, vol. 6, no. 1, pp. 21–30, 2015.

R. Abdulloh, Easy & Simple-Web Programming. Elex Media Komputindo, 2016.

R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, “Rekaya Perangkat Lunak,” Bandung Inform. Bandung, 2018.

I. Sommerville, “Software engineering 9th Edition,” ISBN-10, vol. 137035152, p. 18, 2011.

R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, “Rekaya Perangkat Lunak,” Bandung Inform. Bandung, 2018.

Downloads

Published

2023-02-27