SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SPP BERBASIS WEB DI SDIT YAA BUNAYYA BEKASI

Authors

  • Hendarto Universitas Saintek Muhammadiyah
  • Bagus Universitas Saintek Muhammadiyah

Keywords:

sistem informasi, pembayaran spp, berbasis web, model waterfall

Abstract

Pembayaran SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidika) di SDIT Yaa Bunayya sering mengalami keterlambatan yang mengakibatkan nominal pembayaran menjadi tertunggak. Pengawasan dari sekolah juga kurang efektif karena pencatatan pembayaran SPP masih dilakukan secara manual sehingga perlu konfirmasi ulang antara orang tua murid dengan tata usaha sekolah. Sistem Informasi Pembayaran SPP menjadi pilihan alternatif dalam manajemen keuangan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan Sistem Informasi Pembayaran SPP berbasis web di SDIT Yaa Bunayya Bekasi guna meningkatkan efisiensi dan kehandalan dalam proses pembayaran SPP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SDLC (System Development Life Cycle) model waterfall. Tahapan yang digunakan dalam model waterfall adalah analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, validasi dan perawatan. Sedangkan untuk pengumpulan datanya penelitian ini menggunakan teknik wawancara dengan pihak terkait dan observasi alur dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Informasi Pembayaran SPP berbasis web yang dikembangkan mampu memberikan manfaat bagi pihak sekolah, orang tua siswa, dan administrator. Sistem ini menyediakan kemudahan bagi administrator sekolah dalam mengelola dan memantau status pembayaran SPP, serta menghasilkan laporan keuangan yang akurat dan terintegrasi.

References

O’Brien dan Marakas.Introducion of Information System. Eighth Edition. 2008

Jogiyanto HM. Sistem Teknologi Informas..Andi. Yogyakarta.2005

Burch, John & Grudnitski. Information Systems Theory and Practice. New York. 1986

Baswananda, Aji Raino. Sistem Pembayaran SPP Berbasis Komputer pada SMA Kesatrian 1

Semarang, Jurnal Kampus Universitas Dian Nuswantoro Semarang, 2010

Firmansyah, Asep. Program Aplikasi Pembayaran SPP Sekolah Berbasis Dekstop Menggunakan VB NET dan Informasi Pembayaran SPP Menggukanan SMS Gateway, Jurnal Kampus STMIK Cikarang, 2016.

Hakim, Ahmad Rofiq,. and Rahman, Anwar. Sistem Informasi Pembayaran SPP Berbasis Jaringan pada Sekolah Dasar Islam Al Hikmah Samarinda Seberang, Jurnal Kampus STMIK Widya Cipta Dharma, 2012.

Bodnar, George H. Sistem Informasi Akutansi. Edisi VI. 2004

Nanang Fatah Analisa Manajemen Pembiayaan. Remaja Rosada Karya. Bandung. 2000

Edhy Sutanta ST. Sistem Informasi Manajemen. Graha Ilmu. Yogyakarta. 2003

Anthony, Robert N, Dearden John. Management Control System. Erlangga. Jakarta. 2003

Downloads

Published

2023-07-27