SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ARSIP KEPEGAWAIAN PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA BEKASI

Authors

  • Nina Meliana Universitas Saintek Muhammadiyah
  • Thiara Widyastika Universitas Saintek Muhammadiyah

Keywords:

sistem, pinformasi, manajemen, arsip

Abstract

Sistem Informasi Manajemen Arsip merupakan salah satu instrumen penting dalam preservasi. Kearsipan ialah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah organisasi, arsip mempunyai peran yang sangat penting, ia dapat dijadikan pertimbangan pengambilan keputusan atau menjadi bukti tepat. Oleh karena itu, pengadministrasi kepegawaian pada MAN 1 Kota Bekasi dapat meminimalisasikan terhadap kerusakan arsip. Semua arsip atau dokumen yang telah dialihmediakan ke dalam media elektronik atau digital akan menjadi arsip elektronik. Mengingat hal terpenting dan merupakan keharusan bagi pengelola arsip adalah bagaimana menyediakan data atau arsip yang diperlukan dengan cepat dan tepat.

Sistem informasi manajemen arsip ini dikembangkan menggunakan metodologi Waterfall Pressman, dengan tahapan RequirementAnalyst (analisis kebutuhan), System Design (Desain Sistem), Unit Testing, Implementation (Implementasi), Maintance (Pemeliharaan). Bahasa pemograman yang digunakan, antara lain; PHP MySQl, XAMPP, APACHE, Laravel, CSS dan beberapa tools perancangan berupa DFD, ERD dan Normalisasi. Pembuatan aplikasi ini menggunakan metode pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan studi pustaka.

Dengan adanya sistem informasi arsip kepegawaian pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bekasi akan mempermudah proses pencarian data pegawai, mempermudah dalam proses update data pegawai, serta mengkalkulasi jumlah pegawai berdasarkan data pegawai pada MAN 1 Kota Bekasi.

References

Hamalik, Oemar, Pengelolaan Sistem Informasi. Bandung: Trigenda Karya, 1993. Hal. 20.

Hadayaningrat, Soewarno, Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: Haji Mas Agung, 1996. Hal. 19.

Aminudin, Cara Efektif Belajara Framework Laravel. Yogyakarta: Lokomedia, 2015.

Hidayat, R., Cara Praktis Membangun Website Gratis: Pengertian Website. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kompas, Gramedia, 2010.

Susanto, A., Sistem Informasi Manajemen dan Pengembangannya. Bandung: Lingga Jaya, 2002.

Yakub, Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

Admin. (2018, Agustus 19). Pengertian Database dan Contohnya, Fungsi, Manfaat, Jenis dan Komponen. Diambil kembali dari Maxmanroe: https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/komputer/pengertian-database.html.

[8] Admin. (2019, Juli 10). Pengertian dan Cara Menggunakan Sublime Text. Diambil kembali dari Teknoowl.com: https://www.teknoowl.com/2019/03/pengertian-dan-cara-menggunakan-sublime.html.

Ritonga, P. (2018, Agustus 22). Pengertian HTML Menurut Para Ahli dan Pakar. Diambil kembali dari Bangpahmi.com: https://bangpahmi.com/pengertian-html-menurut-para-ahli-dan-pakar

Downloads

Published

2023-07-27