SISTEM INFORMASI SERIKAT PEKERJA BERBASIS WEB PADA PUK PT. OMRON MANUFACTURING OF INDONESIA

Authors

  • Habibah Nurfauziah Universitas Saintek Muhammadiyah
  • Aisyah Fauziah Universitas Saintek Muhammadiyah

Keywords:

sistem, serikat, pekerja, web

Abstract

Sistem informasi serikat pekerja saat ini masih menggunakan sistem manual, dimana anggota harus meluangkan waktunya membaca informasi di mading yang disediakan. Mengingat betapa pentingnya peran anggota yang bergabung, dikarenakan jumlah anggota sangat akan berpengaruh dengan keberlangsungan organisasi. Masalah utama kesulitan perekruitan anggota adalah karena waktu dan kurangnya sosialisasi mengenai serikat pekerja, menjadikan minat anggota baru yang berkurang. Melihat kondisi di atas, penulis yang selaku pengurus Serikat Pekerja pada PUK PT.Omron Manufacturing Of Indonesia, bermaksud melakukan penelitian yang bertujuan memberikan solusi melalui pengkajian berbagai teori dan observasi di lapangan dalam rangka membangun sistem yang belum ada pada PUK PT.Omron Manufacturing Of Indonesia.

Metodologi pembuatan sistem informasi yang digunakan adalah metodologi waterfall, yang terdiri dari berbagai tahapan, antara lain; analisa kebutuhan, desain sistem, implementasi, integrasi dan pengujian sistem, serta perawatan. Dalam perancangan menggunakan metode orientasi objek programming dengan tools perancangan UML (Unified Modeling Language) yaitu; use case diagram, class diagram, activity diagram, dan sequence diagram.

Hasil penelitian ini akan menjadi solusi untuk calon anggota serikat pekerja khususnya yang tidak memiliki waktu luang dalam melakukan pendaftaran secara manual, dengan adanya sistem informasi dan registrasi berbasis web ini, diharapkan calon anggota serikat pekerja dapat mendaftrakan dirinya dimanapun, kapanpun dan tidak terbatas ruang dan waktu.

References

Rohi Abdullah, Web Progamming is Easy. Tegal: Elex Media Komputindo, 2015.

Rosa A.S. dan M.Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak. Informatika, 2013.

Suhenar A. dan Gunadi H., Visual Modelling Menggunakan UML dan Rational Rose. Informatika, 2012.

Fathansyah, Basis Data. Bandung: Informatika, 2001.

Fathansyah, Basis Data. Bandung: Informatika, 2001.

Priyanto Hidayatullah dan Khairul Jauhari Kawistara, Pemrogramman Web. Bandung: Informatika, 2014.

Jogiyanto, Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakrta: ANDI, 2005.

B.S.D Ooetomo, Perancangan dan Pembangunan Sistem Informasi. ANDI, 2002.

Sidik Betha, MySQL, Bandung: Informatika, 2005.

Tata Sutabri, Analisis Sistem Informasi. Jakarta: CV,Andi Offset, 2012.

Satria Romi Wahono, Software Engineering Proses. Semarang, 2010.

A.R. Widiarti dan S.H. Wijono. Sistem Basis Data Terdistribusi . Yogyakarta, 2005.

Downloads

Published

2023-07-27