SISTEM KENDALI GERBANG BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN PERANGKAT BLUETOOTH MIKROKONTROLER ARDUINO UNO R3

Authors

  • Nina Meliana Universitas Saintek Muhammadiyah
  • Ali Anwar Universitas Saintek Muhammadiyah
  • Himawan Dwiatmodjo Universitas Saintek Muhammadiyah

Keywords:

sistem kendali gerbang, android, bluetooth, arduino

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di zaman sekarang, ada banyak inovasi baru yang dapat dilakukan untuk mempermudah manusia dalam melakukan pekerjaannya di dalam maupun di luar rumah. Salah satunya adalah pengendalian alat-alat rumah dengan menggunakan smartphone seperti menutup jendela secara automatis, menjalankan vacum cleaner, bahkan saat ini sudah menjalar kesemua kalangan terkait automatisasi sistem. Penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu sistem android buka-tutup pintu gerbang di CV. Agatha Felix agar dapat dikendalikan melalui smartphone yang terhubung dengan Bluetooth. Metodologi pengembangan aplikasi yang penulis gunakan adalaha metode System Develop Life Cycle (SDLC), model proses waterfall dengan tahapan yaitu Requirement Analysis and Definition, System and Software Design, Implementation and Unit Testing, Integration and System Testing, dan Operation and Maintenance. Penulis menggunakan Observasi dalam pengumpulan data dan mikrokontrolerArduino Uno R3 (Arduino EDI System). Hasil Pengujian sistem yang dibuat telah selesai dengan persentase keberhasilan 85% sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sistem kendali gerbang berbasis android yang dibuat memiliki fungsi yang dapat membantu perusahaan.

References

Toding, N. A. (2018). Sistem Kendali (Teori Dan Contoh Soal Dilengkapi dengan Penyelesaian Menggunakan Matlab). Deepublish.

Anggraeni, E. Y. (n.d.). Pengantar Sistem Informasi. Penerbit Andi.

Ogata, K. (1997). Modern control engineering.

RAHMIATI, P., FIRDAUS, G., & FATHORRAHMAN, N. (2015). Implementasi Sistem Bluetooth menggunakan Android Dan Arduino untuk Kendali Peralatan Elektronik. ELKOMIKA: Jurnal Teknik Energi Elektrik, Teknik Telekomunikasi, & Teknik Elektronika, 2(1), 1. https://doi.org/10.26760/elkomika.v2i1.1

SANTOSO, H. (2015). Panduan praktis arduino untuk pemula. ELANGSAKTI.com.

Kurnia Rahman, A., Supriyanto, H., & Meizinta, T. (2019). Rancang bangun Dan implementasi sistem kendali quadcopter melalui jaringan internet berbasis lokasi menggunakan smartphone Android. Seminar Nasional Kontrol, Instrumentasi dan Otomasi (SNIKO) 2018. doi:10.5614/sniko.2018.35.

Hamzan Wadi, S. (n.d.). Pemrograman Android: Untuk Pelajar & Mahasiswa. TR Publisher.

Ambarita, M. D. (2016). Metode Penelitian Sistem Informasi: Mengatasi Kesulitan Mahasiswa dalam Menyusun proposal Penelitian. Deepublish.

Downloads

Published

2024-01-27