SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SURAT (SIMSUR) PADA PT TIRTA INVESTAMA DC PULO KAMBING

Authors

  • Habibah Nurfauziah Universitas Saintek Muhammadiyah
  • Ady Setyawan Santoso Universitas Saintek Muhammadiyah

Keywords:

sistem informasi, pengarsipan, prototype model

Abstract

PT Tirta Investama DC Pulo Kambing adalah sebuah perusahaan distributor aqua yang beradda di bawah lisensi Danone Coorporation, yang terletak di kawasan pulogadung. Pengolahan data masuk dan keluar masih dalam keadaan yang kurang terarsip dengan baik sehingga dalam pengolahan dan penyimpanan data sering terjadi kesalahan (human error), diperlukan suatu sistem pengolahan data yang sesuai untuk mendukung efisiensi dan keamanan data. Penelitian Sistem informasi manajemen data ini bertujuan untuk pengolahan dokumen agar lebih terstruktur dan efisien, di dukung oleh perusahaan yang memang memerlukan perbaikan dalam segi dokumentasi menggunakan sistem. Metodologi pengembangan aplikasi menggunakan metode model Prototype. Siklus prototype Listen to Customer, Build/revise mockup and Customer test drives mockup.  Tahapan perancangan meliputi context diagram, data flow diagram, entity relationship diagram, dan database table. Software menggunakan Xampp sebagai Web Server, PHPMyAdmin, MySQLuntuk pengelolaan Database. Hasil dari penelitian yang dikembangkan 85% berhasil diimplementasikan sesuai keinginan perusahaan yakni dapat mengelola data secara efektif dan efisien serta mudah dipergunakan oleh pengguna (user friendly).

References

Dra. Rr. Ponco Dewi Karyaningsih; M.M. (2017). Sistem Analisa Administrasi. Samudra Biru.

Sutabri, T. (n.d.). Konsep Sistem Informasi. Penerbit Andi.

Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi. Deepublish.

Muhammad Ali Syakur; S.Si.; M.T, Devie Rosa Anamisa, S., & Muhammad Yusuf, S. (2022). Sistem Informasi update Konsep ,Riset Dan Perkembangan. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Sattar. (2018). Manajemen Kearsipan. Deepublish.

"Ratno Putro Sulistiyono, S., A K., & G.N., M. M. (2013). Website development using CMS (joomla!-wordpress). Nuansa Cendekia.

Siahaan, V., & Sianipar, R. H. (2019). Teori Dan implementasi pemrograman PHP/MySQL untuk web developer. SPARTA PUBLISHING.

Dwi Krisbiantoro, M., & Prih Diantono Abda’u, M. (2021). Dasar PEMROGRAMAN web dengan Bahasa HTML, PHP, Dan database MySQL. Zahira Media Publisher.

Henderson, J., & Shalek, L. (2013). Understanding Xampp, for newbies! Createspace Independent Publishing Platform.

Ir. Agus Dwi Anggono; S.T.; M.Eng.; Ph.D. (n.d.). Teknologi cad/Cam/Cae Dan rapid Prototyping dalam Industri Manufaktur. Muhammadiyah University Press.

Downloads

Published

2024-01-27