SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PASIEN RAWAT JALAN PADA KLINIK SIERRA MITRA

Authors

  • Nasirudin Universitas Saintek Muhammadiyah
  • Alwi Sujana Universitas Saintek Muhammadiyah
  • Ria Rosalina Universitas Saintek Muhammadiyah

Keywords:

klinik sierra mitra, sistem informasi, website

Abstract

Administrasi komputer merupakan bagian penting untuk mempermudah pencarian informasi atau data. Kebutuhan informasi yang cepat, akurat dan tepat waktu merupakan suatu hal yang mutlak pada era serba cepat ini. Keterlambatan dalam menyajikan informasi yang dibutuhkan menyebabkan informasi tersebut tidak relevan lagi bagi penggunanya. Sistem informasi pada klinik sierra mitra masih Semi Komputer sehingga pencarian dan pengolahan data masih belum maksimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Waterfall dengan tahapan: Requirement, Design, implementation, testing dan maintenance. Desain aplikasi menggunakan sistem UML (Unified Modelling Language) yaitu terdiri dari beberapa diagram seperti Use Case Diagram, Class Diagram, Activity Diagram dan Sequence Diagram. Bahasa pemrograman menggunakan PHP (Hypertext Preprocessor) dan MySQL sebagai databasenya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa Website yang membuat data yang dapat diolah lebih cepat dan pasien yang datang dapat tertangani dengan cepat pula. Keberhasilan implementasi terbukti hingga 80% user menyatakan bahwa sangat terbantu dengan adanya Sistem Informasi Rawat Jalan ini.

References

Fatta, H. A., & Amikom, U. (n.d.). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan Dan Organisasi modern. Penerbit Andi.

Kadir, A. (2014). Pengenalan Sistem Informasi Ed.Revisi.

Anggraeni, E. Y. (n.d.). Pengantar Sistem Informasi. Penerbit Andi.

Budijanto, D. (2016). Data & informasi, 2015: Profil kesehatan Indonesia.

Mansur Chadi Mursid, M. (2016). Sistem informasi manajemen. Khoirunnisa.

Wijaya, H. O. (2017). Penerapan Metode waterfall Pada Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Berbasis web mobile. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 6(2), 80-85. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v6i2.251

Hidayat, R. (n.d.). Cara Praktis Membangun website gratis. Elex Media Komputindo.

Solichin, A. (n.d.). Pemrograman web dengan PHP Dan MySQL. Achmad Solichin.

Yulianto, S. V., & Atmaja, A. P. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar Berbasis web dengan SDLC waterfall. Sisfo, 07(02). https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2018.01.006.

Downloads

Published

2024-01-27