APLIKASI TEXT TO SPEECH BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN XML JAVA

Authors

  • Dora Bernadisman Universitas Saintek Muhammadiyah
  • Riyad Lesdiansyah Universitas Saintek Muhammadiyah

Keywords:

aplikasi, text to speech, android, xml java

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi saat ini mempermudah hampir semua orang tidak terkecuali orang-orang yang memiliki keterbatasan dalam hal berkomunikasi secara verbal atau tidak dapat berbicara. Komunikasi adalah bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, bagi orang-orang yang mempunyai keterbatasan dalam berkomunikasi dan hanya mengandalkan bahasa isyarat mungkin sangat berguna apabila ada suatu aplikasi yang dapat membantu mereka dalam berkomunikasi karena tidak semua orang mampu mengerti bahasa isyarat seperti mereka. Aplikasi yang mampu membantu berkomunikasi dengan lancar dan dapat dimengerti oleh lawan bicaranya juga dapat digunakan lebih dari dua bahasa atau bahkan lebih. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Waterfall dengan beberapa tahapan seperti Requirement Analisys, Design, Testing Coding, Implementation and Maintenance. Menggunakan Bahasa Pemrograman XML Java dan aplikasi berbasis Android karena menggunakan Android Studio sebagai sarana integrasinya.Hasil penelitian ini telah berhasil membuat sebuah aplikasi Text to Speech Berbasis Android Menggunakan XML Java yang dapat membantu orang-orang yang memiliki keterbatasan berbicara dan juga dapat membantu dalam belajar pengucapan bahasa asing umumnya bahasa inggris dan tiga bahasa lainnya. Aplikasi ini pun berhasil diimplementasikan sekitar 80% sesuai dengan yang di inginkan oleh penulis.

References

Davis, G. B. (1985). Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen.

Sutabri, T. (n.d.). Konsep Sistem Informasi. Penerbit Andi.

Anggraeni, E. Y. (n.d.). Pengantar Sistem Informasi. Penerbit Andi.

Harun, J. (2005). Multimedia: Konsep & Praktis.

Rukmana, A. Y., Zebua, R. S., Sepriano, Aryanto, D., Nur'Aini, I., Ardiansyah, W., Adhicandra, I., Hartatik, & Setiawan, Z. (2023). DUNIA multimedia : Pengenalan Dan Penerapannya. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Hasanah, U., & Jaroji, J. (2016). Aplikasi Dongeng Berbasis text to speech Untuk platform Android. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 7(2), 82-88. https://doi.org/10.31849/digitalzone.v7i2.599.

Suryana, D. (2018). Android studio: Belajar Android studio. Dayat Suryana Independent.

Indrajani. (2007). Pemrograman Berbasis Objek Dengan Bahasa Java. Elex Media Komputindo.

Harold, E. R. (1998). XML: Extensible Markup Language. Wiley.

Sri Mulyani, A. (2017). Metode Analisis Dan Perancangan Sistem. Abdi Sistematika.

Downloads

Published

2024-01-27