SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DIGITAL (DIGITAL LIBRARY) PADA PERPUSTAKAAN SMK TAMANSISWA BEKASI

Authors

  • Camelia Atmaja STMIK Muhammadiyah Jakarta
  • Mochammad Arief Sutisna STMIK Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

sistem, informasi, perpustakaan, digital, aplikasi

Abstract

Perpustakaan merupakan tempat untuk menyimpan sumber informasi seperti buku dan sumber informasi lain. Seiring dengan perkembangan zaman sumber informasi yang tersedia semakin beragam. Hal ini yang menjadi bagian dari perlunya sistem informasi perpustakaan. Sistem perpustakaan disebut juga sebagai sistem informasi perpustakaan digital (Digital Library).

Tujuan dari penelitian sistem informasi perpustakaan yang dirancang dan diimplementasikan SMK TamanSiswa Bekasi adalah untuk meningkat kan efisiensi kerja perpustakaan yang awal nya menggunakan sistem manual seperti pencatatan pinjaman buku dan kunjungan siswa siswi maka diubah menjadi sistem informasi berbasis web untuk membantu mempermudah pengolahan data dan anggota dalam mencari informasi. Dalam pembuatan perpustakaan ini menggunakan PHP sebagai program aplikasinya dan MYSQL sebagai database server telah terangkum dalam salah satu aplikasi XAMPP. Metode perancangan sistem informasi perpustakaan menggunakan waterfall terdiri dari requirement analysisis, design, implementation, testing dan maintenance.

Hasil dari penelitian adalah terciptanaya sebuah aplikasi yang dapat mempermudah proses pendataan anggota perpustakaan, pendataan buku, pendataan anggota kunjungan tanpa harus menghabiskan waktu lama mengantri untuk mendaftar.

References

Elisabet Yunaeti Anggraeni, Pengantar Sistem Informasi. 2017.

M. A. Suryadharma SIM, SE., M.Ak., CIBA, CPIR, Triyani Budyastuti, SE., Sistem Informasi Manajemen. 2018.

Sutarno NS, Perpustakaan dan Masyarakat. 2006.

Wiji Suwarno. Ilmu Perpustakaan dan Kode Etik Pustakawan. 2010.

Madcoms, Pemrograman php dan mysql untuk pemula. 2016.

Purbadian, Trik Cepat Membangun Aplikasi berbasis web dengan Framework

CodeIgniter. 2016.

J. Enterprise, HTML, PHP, dan MySQL untuk Pemula. 2018.

I. F. P. Roni Habibi, Ferdy Berliano Putra, Aplikasi kehadiran dosen menggunakan PHP OOP. 2020.

Y. S. Kusno Harianto, Henny Pratiwi, Unified Modelling Language (UML) adalah ‘bahasa’ pemodelan untuk sistem atau perangkat lunak yang ‘berorientasi objek’. Pemodelan (modeling) sesungguhnya digunakan untuk penyederhanaan permasalahan-permasalahan yang kompleks sedemikian rupa sehingga lebih. 2019.

Downloads

Published

2023-02-27