SISTEM PEMBAYARAN SPP PADA TAMAN KANAK-KANAK YAYASAN LA TANSA SALAF BERBASIS WEB

Authors

  • Denis Maulana STMIK Muhammadiyah Jakarta
  • Dewi Estri Jayanti Harahap STMIK Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

sistem informasi pembayaran spp, website, waterfall

Abstract

Dalam pemanfaatan sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada suatu instansi belumlah maksimal. Salah satunya adalah dalam pengelolaan data pembayaran SPP di berbagai instansi sekolah masih menggunakan cara konvensional dan belum terkomputerisasi. Sehingga masih kesulitan dalam mengatur dan menangani data-data pembayaran SPP yang sangat banayak, oleh sebab itu dapat menyebabkan kesalahan fatal yang dapat merugikan instansi dan orang-orang yang terkait.

Berdasarkan atas kondisi tersebut, penulis bermaksud melakukan penelitian yang bertujuan untuk merancang dan membangun sistem informasi berbasis web yang akan membantu pengelolaan data pembayaran SPP di instansi tersebut. Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan model waterfall untuk perancangannya yang meliputi empat tahap, yaitu analisis, desain, implementasi, dan pengujian. Untuk membangun dan merancang sistem informasi berbasis web tersebut, penulis menggunakan Bahasa pemprograman PHP dan MySQL, serta untuk tampilan antarmuka menggunakan desain responsive dari Framework Bootstrap.

Hasil dari peneitian ini adalah sistem informasi pembayaran SPP berbasis web dapat berguna untuk membantu yayasan Taman Kanak-Kanak Yayasan La-Tansa Salaf dalam hal mengelola data siswa, pembayaran SPP dan laporan SPP secara keseluruhan. Sehingga dapat meningkatkan pelayanan agar lebih efektif dan efisien.

References

Elisabet Yunaeti Anggraeni, Pengantar Sistem Informasi. 2017.

M. A. Suryadharma SIM, SE., M.Ak., CIBA, CPIR, Triyani Budyastuti, SE., Sistem Informasi Manajemen. 2018.

DMCA, Pengertian Sumbangan Pembinaan Pendidikan, diakses dari http://arti-definisi- pengertian.info/pengertian-sumbangan- pembinaan-pendidikan/.2021

Madcoms, Pemrograman php dan mysql untuk pemula. 2016.

Purbadian, Trik Cepat Membangun Aplikasi berbasis web dengan Framework CodeIgniter. 2016.

J. Enterprise, HTML, PHP, dan MySQL untuk Pemula. 2018.

I. F. P. Roni Habibi, Ferdy Berliano Putra, Aplikasi kehadiran dosen menggunakan PHP OOP. 2020.

Y. S. Kusno Harianto, Henny Pratiwi, Unified Modelling Language (UML) adalah ‘bahasa’ pemodelan untuk sistem atau perangkat lunak yang ‘berorientasi objek’. Pemodelan (modeling) sesungguhnya digunakan untuk penyederhanaan permasalahan-permasalahan yang kompleks sedemikian rupa sehingga lebih. 2019.

O’Brien, James A., & Marakas, George M. 2010. “Introduction to Information Systems Fifteenth Edition”. New York: McGraw-Hill/Irwin

Downloads

Published

2023-02-27