SISTEM INFORMASI E-LEARNING PADA SDIT BUAHATI ISLAMIC SCHOOL 2

Authors

  • Tarisno Amijoyo STMIK Muhammadiyah Jakarta
  • Indah Mus Ety STMIK Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

sistem informasi, e-learning, SDIT buahati school 2

Abstract

Aplikasi e-learning merupakan aplikasi pembelajaran yang digunakan untuk proses kegiatan bimbingan belajar bagi guru dan siswa. E-learning ini dibuat karena belum adanya fasilitas pembelajaran online yang dapat menunjang kemajuan pendidikan di SDIT Buahati Islamic School 2. Permasalahan yang sering dihadapi adalah kurang efektifnya proses belajar mengajar akibat siswa sakit, guru yang memiliki urusan lain, dan sebagainya. Sehingga perlu dibuat sebuah aplikasi pembelajaran online atau e-learning untuk mempermudah proses belajar mengajar agar tetap dapat dilaksanakan walaupun banyak hari yang tidak efektif.

Metode penelitian penelitian yang dilakukan dengan melakukan pengamatan langsung terhadap sistem yang berlaku. Dalam perancangan sistem e-learning pada SDIT Buahati Islamic School 2, penulis menggunakan metode proses waterfall yang meliputi Analysis, Design, Implementation, Testing dan Maintenance.

Hasil dan penelitian, keberadaan e-learning dapat membantu proses belajar mengajar menjadi lebih optimal. Memudahkan guru untuk dapat mendistribusikan materi pelajaran untuk siswa di SDIT Buahati Islamic School 2. Dapat dengan mudah mendapatkan materi pelajaran. E-learning ini dapat digunakan sebagai media diskusi tambahan untuk membahas materi pelajaran yang belum selesai dan dapat mengerjakan soal ujian pilihan ganda dan mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru.

Downloads

Published

28-02-2023