APLIKASI ECOURSE BERBASIS WEB PADA UNIVERSITAS SAINTEK MUHAMMADIYAH

Authors

  • Taufiqurrahman Universitas Saintek Muhammadiyah
  • Bambang Subana Universitas Saintek Muhammadiyah
  • Rubi Chandraputra Universitas Saintek Muhammadiyah

Keywords:

pembelajaran, e-learning, ecourse dan aplikasi

Abstract

Pendidikan sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang ada. Platform E-Learning sangat penting untuk dibangun dalam sebuah sistem pembejalaran khususnya pada tingkat perguruan tinggi. Setiap Perguruan tinggi saat ini perlu dan dituntut untuk menyediakan sistem pembelajaran digital salah satunya pada Universitas Saintek Muhammadiyah. Platform E-Learning yang diberi nama ECourse sangat cocok untuk diterapkan pada Universitas Saintek Muhammadiyah khususnya pada program studi Sistem Informasi dan Teknik Informatika demi menunjang para mahasiswa supaya lebih mudah dalam menggali ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan pengembangan software dan ilmu pengetahuan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah menjawab tuntutan perkembangan teknologi digital, bagi para mahasiswa Universitas Saintek Muhammadiyah supaya dapat memudahkan mahasiswa untuk mempelajari modul dan materi yang sesuai dengan standar industri, dimana tenaga pengajar dapat Menyusun modul dan materinya sendiri.

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Metode ini digunakan untuk mengamati atau meninjau secara cermat dan langsung di lokasi penelitian. Metode ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana alur sistem pembelajaran yang berjalan serta mencari teori pendukung dengan cara mengajukan beberapa pertanyaan kepada pihak terkait.

Hasil Penelitian ini adalah terciptanya sebuah aplikasi E-Learning yang dinamakan ECourse dimana ini merupakan program aplikasi yang dapat membantu mahasiswa untuk mempelajari dan menggali informasi mengenai dunia pengembangan aplikasi. ECourse menyediakan fitur manajemen user, kelas, modul dan materi yang dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa. ECoursemerupakan wujud metode alternatif pembelajaran di perguruan tinggi yang otonom dan fleksibel, sehingga diharapkan dapat tercipta kultur belajar yang inovatif dan sesuai kebutuhan mahasiswa.

Author Biographies

Taufiqurrahman, Universitas Saintek Muhammadiyah

Dosen Universitas Saintek Muhammadiyah

Bambang Subana, Universitas Saintek Muhammadiyah

Dosen Universitas Saintek Muhammadiyah

Downloads

Published

27-07-2023