SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN SISWA BARU SMK AL-KHAIRIYAH TANJUNG PRIOK BERBASIS WEB

Authors

  • Nasirudin Universitas Saintek Muhammadiyah
  • Erin Alyansa Fazri Universitas Saintek Muhammadiyah

Keywords:

information system, admission of new students, diagram, research methodology, website

Abstract

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan agenda tahunan setiap lembaga atau institusi pendidikan dalam rangka menerima siswa baru dilingkungannya. Seringkali instansi atau lembaga tersebut mengalami kendala dalam pengelolaan data administrasi siswa baru, salah satunya di SMK Al-Khairiyah Tanjung Priok. Permasalahan yang terjadi pada urusan administrasi diantaranya masih seringnya kesalahan penginputan data siswa baru serta tidak tertata rapi sehingga data tersebut menjadi sulit untuk ditemukan. Pada penelitian ini akan dibuat sistem informasi PPDB untuk mengatasi masalah yang terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah dibangunnya sistem informasi PPDB di SMK Al-Khairiyah Tanjung Priok berupa websitedengan harapan dapat membantu panitia PPDB SMK Al-Khairiyah Tanjung Priok dalam mengelola data siswa baru secara efektif dan efisien

Sistem informasi yang akan dibangun menggunakan metode penelitian waterfall dengan desain UML (Unified Modeling Language) yaitu menggunakan use case dan activity diagram. Penggunaan model desain tersebut dikarenakan alurnya sederhana dan mudah dipahami, serta websitemenggunakan bahasa pemrograman HTML, CSS dan MySQL sebagai rancangan implementasi sederhana yang akan dikembangkan lebih baik seterusnya. 

Hasil penelitian ini adalah terbentuknya sistem informasi PPDB di SMK Al-Khairiyah yang diharapkan menambah kemudahan prosedur pendaftaran, keteraturan pengolahan berkas, pengelolaan administrasi yang praktis. Sejalan dengan proses penelitian dan pembuatan website PPDB telah di dapatkan hasil yaitu berupa kemudahan dalam mendaftar bagi calon siswa, pengumuman penerimaan yang bisa di lihat secara online serta pengelolaan sistem administrasi website PPDB yang mudah diakses.

Downloads

Published

27-07-2023