SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS PHP DAN MYSQL DI SMK ATTAQWA 01 TARUMA JAYA KAB. BEKASI

Authors

  • Dewi Estri Jayanti Harahap Universitas Saintek Muhammadiyah
  • Moh Arif Rahmatulloh Universitas Saintek Muhammadiyah

Keywords:

sistem, informasi, perpustakaan, buku, SMK, SMK attaqwa

Abstract

Perpustakaan merupakan bagian dari metode pembelajaran disekolah dan salah satu syarat penting dalam proses belajar dan mengajar dalam memenuhi kebutuhan informasi dalam bentuk media cetak. Terdapat beragam jenis perpustakaan, salah satunya adalah perpustakaan sekolah. Perpustakaan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Attaqwa 01 Taruma Jaya, dalam pengelolaan data administrasi perpustakaan masih banyak ditemukan masalah yang dapat menghambat proses pelayanan kepada para siswa. Permasalahan dalam pengelolaan data administrasi pada perpustakaan di SMK tersebut, maka diperlukan suatu perangkat lunak yang bisa memberi solusi untuk membantu petugas perpustakaan dalam mengelola data administrasi perpustakaan di SMK Attaqwa 01 Taruma Jaya. 

Metode pengumpulan data dengan observasi, studi pustaka dan wawancara. Metodologi air terjun atau disebut metode waterfall, sering dinamakan siklus hidup klasik (classic life cycle), dimana hal ini menggambarkan pendekatan yang sistematis dan juga berurutan pada pengembangan perangkat lunak, dimulai dengan spesifikasi kebutuhan pengguna lalu berlanjut melalui tahapan-tahapan requirement, desain, implementation, verification dan maintenance. Bahasa pemrogramman menggunakan PHP dan MySQL sebagai database.

Hasil dari penelitian ini ialah terdapat sebuah sistem informasi perpustakaan yang dapat digunakan dalam  management dan pengelolaan data buku dengan baik dan membantu memberikan solusi dalam transaksi peminjaman buku, jauh lebih efektif dan aman. Diharapkan juga, dapat menambah minat seluruh pelajar di SMK Attaqwa 01 Taruma Jaya Bekasi untuk melakukan aktivitas pembelajaran melalui perpustakaan.

Downloads

Published

27-07-2023