SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DENGAN METODE ANALYTIC HIRARCHY PROCESS (AHP) PADA PT. GENISAN TEKNIK INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL WATERFALL

Authors

  • Nur Rachma Universitas Saintek Muhammadiyah
  • Iwan Prasetyo Universitas Saintek Muhammadiyah
  • Suyanto

Keywords:

sistem informasi, penilaian kinerja karyawan, analytic hirarchy process, model waterfall.

Abstract

Dalam upaya meningkatkan efektivitas penilaian kinerja karyawan, penggunaan sistem informasi yang tepat menjadi sangat penting. Sistem informasi dapat membantu perusahaan dalam mengumpulkan, menganalisis, dan mengelola data kinerja karyawan secara efisien. Selain itu, penggunaan metode yang tepat juga diperlukan untuk memastikan objektivitas dan konsistensi dalam penilaian kinerja. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan mengimplementasikan sistem pendukung keputusan penilaian kinerja karyawan PT. Genisan Teknik Indonesia yang memudahkan para pembuat keputusan untuk menentukan perpanjangan kontrak kerja karyawan. Penilaian kinerja karyawan menggunakan 4 (empat) kriteria yaitu kedispilinan, kejujuran, penampilan dan absensi.

 Metode penelitian yang digunakan adalah metode analytic hierarchy process (AHP) dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan supervisi dan karyawan serta observasi dokumen untuk mengetahui proses dan prosedur penilaian kinerja karyawan.  Metodologi pengembangan sistem yang  digunakan adalah SDLC (System Development Life Cycle) model waterfall.

Hasil pengujian sistem pendukung keputusan penilaian kinerja karyawan pada PT.Genisan Teknik Indonesia dengan metode Analytic Hirarchy Process berfungsi dengan baik. Hasil akhir penghitungan sistem pendukung keputusan yang ditampilkan dalam laporan mampu menunjukkan urutan ranking terbaik karyawan beserta bobot penilaiannya.

Downloads

Published

30-12-2023