APLIKASI PENILAIAN KINERJA KARYAWAN PT. MNC GROUP BERBASIS WEB DENGAN METODE RAD (RAFID APPLICATION DEVELOPMENT)

Authors

  • Joko Sarono Universitas Saintek Muhammadiyah
  • Sen Sen Winani Universitas Saintek Muhammadiyah

Keywords:

penilaian karyawan, SPK, MNC Group, metode RAD

Abstract

Aplikasi Penilaian Karyawan Terbaik merupakan bagian dari Sistem Pendukung Keputusan dikarenakan dalam evaluasi kinerja dan pemilihan karyawan terbaik masih menggunakan sistem pengamatan, yang tentunya hal ini membutuhkan waktu lama serta penilaian menjadi kurang objektif. Dengan mengambil studi kasus pada sebuah perusahaan MNC Group, terdapat beberapa masalah pada proses penilaian karyawan yang sudah berjalan. Masalah tersebut antara lain adalah metode penghitungan akumulasi nilai kriteria kinerja karyawan yang dinilai kurang akurat dan dapat menyebabkan ketidaktepatan dalam pemilihan. Selain itu, belum adanya aplikasi SPK yang dapat mempermudah perhitungan penilaian, sehingga dapat terjadi kesalahan perhitungan.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan studi literatur. Sedangkan metode pengembangan sistem menggunakan metode RAD (Rapid Application Development) dengan tahapan yang terstruktur dan saling bergantung disetiap tahap, yaitu;  tahap analisis persyaratan, tahap RAD Design Workshop (pemodelan) dan tahap konstruksi. Aplikasi dirancang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL.

Hasil penelitian ini bisa menghasilkan sebuah aplikasi penilaian karyawan terbaik dengan akurasi data sejumlah 98% yaitu perhitungan manual dan perhitungan aplikasi yang hasilnya sesuai yang diharapkan dan dapat digunakan untuk pemberian penghargaan/reward pada karyawan.

Downloads

Published

30-12-2023