APLIKASI WEB HELPDESK DI PT DEPTECH DIGITAL INDONESIA DENGAN PENDEKATAN BERORIENTASI OBJEK
DOI:
https://doi.org/10.56459/sibernetika.v9i2.111Abstract
Efisiensi dalam menangani keluhan dan permintaan bantuan teknis sangat penting untuk meningkatkan produktivitas dan kepuasan karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan aplikasi Help Desk di PT Deptech Digital Indonesia dengan pendekatan berorientasi objek. Aplikasi ini dirancang untuk mengoptimalkan proses pelaporan dan penyelesaian masalah teknis dengan fitur-fitur utama seperti pembuatan tiket, penugasan tiket, pelacakan status, dan notifikasi pembaruan status.
Metodologi yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini meliputi analisis kebutuhan, desain sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML. Implementasi dilakukan menggunakan bahasa pemrograman PHP, dengan fokus pada modularitas dan skalabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Help Desk yang dikembangkan dapat secara signifikan meningkatkan efisiensi penanganan tiket, mengurangi waktu penyelesaian masalah, dan meningkatkan transparansi proses. Pengujian unit dan integrasi memastikan bahwa setiap komponen aplikasi berfungsi dengan baik, sementara pengujian penerimaan pengguna menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi di kalangan karyawan. Aplikasi Help Desk yang dikembangkan dengan pendekatan berorientasi objek ini diharapkan dapat menjadi solusi efektif dalam manajemen bantuan teknis di PT Deptech Digital Indonesia, sehingga memberikan dampak positif terhadap operasional sehari-hari perusahaan.
References
P. J. Parjito, O. Rahmawati, and F. Ulum, “Rancang Bangun Aplikasi E-Agribisnis Untuk Meningkatkan Penjualan Hasil Tanaman Hortikultura,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 3, no. 3, pp. 354–365, 2022.
S. I. Adam, J. H. Moedjahedy, and O. Lengkong, “Pengembangan IT Helpdesk Ticketing Sistem Berbasis Web di Universitas Klabat,” CogITo Smart J., vol. 6, no. 2, pp. 217–228, 2020, doi: 10.31154/cogito.v6i2.273.217-228.
A. F. Sallaby and I. Kanedi, “Perancangan sistem informasi jadwal dokter menggunakan framework codeigniter,” J. Media Infotama, vol. 16, no. 1, 2020.
T. Wiharko and H. Setiawan, “Sistem Informasi E-Ticketing di PT Pos Indonesia Cabang Cianjur berbasis Web dengan Metode Fifo,” Media J. Inf., vol. 10, no. 2, p. 36, 2020.
M. Efniasari, A. Wantoro, and E. R. Susanto, “Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Web Menggunakan Metode Scrum (Studi Kasus: Puskesmas Kisam Ilir),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 3, 2022.
I. P. Sari, A. Syahputra, N. Zaky, R. U. Sibuea, and Z. Zakhir, “Perancangan sistem aplikasi penjualan dan layanan jasa laundry sepatu berbasis website,” Blend sains J. Tek., vol. 1, no. 1, pp. 31–37, 2022.
M. Fitria, “Penerapan Metode Scrum Pada E-Learning Stmik Cikarang Menggunakan Php Dan Mysql,” J. Inform. SIMANTIK, vol. 6, no. 1, pp. 12–16, 2021.
P. Prahasti, S. Sapri, and F. H. Utami, “Aplikasi Pelayanan Antrian Pasien Menggunakan Metode FCFS Menggunakan PHP dan MySQL,” J. Media Infotama, vol. 18, no. 1, pp. 153–160, 2022.
A. Yulianeu and R. Oktamala, “Sistem Informasi Geografis Trayek Angkutan Umum Di Kota Tasikmalaya Berbasis Web,” J. Tek. Inform., vol. 10, no. 2, 2022.
M. Cendani, D. A. Pramana, and E. Sudrajat, “Sistem Informasi Kearsipan Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi Universitas Peradaban),” J. Sist. Inf. dan Teknol. Perad., vol. 4, no. 1, pp. 8–15, 2023.
A. T. Hidayati, A. E. Widyantoro, and H. J. Ramadhani, “Perancangan Sistem Informasi Wirausaha Mahasiswa (Siwirma) Berbasis Web dengan Unified Modelling Languange (UML),” J. Penelit. Rumpun Ilmu Tek., vol. 2, no. 4, pp. 86–107, 2023.