Rancang Bangun Jaringan Hotspot pada Kampus Universitas Saintek Muhammadiyah Jakarta

Authors

  • Bambang Subana Afandi Universitas Saintek Muhammadiyah
  • Muh Ali Suranto Universitas Saintek Muhammadiyah
  • Yuga Aghnia Rachman Universitas Saintek Muhammadiyah
  • Muhammad Hilmi Aziz Universitas Saintek Muhammadiyah
  • Saveria Selingan Ndururu Universitas Saintek Muhammadiyah
  • Tania Alvania Universitas Saintek Muhammadiyah

Keywords:

jaringan, hotspot, internet, bandwith

Abstract

Berkembangnya teknologi internet saat  semakin berkembang sehingga Kebutuhan akses internet sangat tinggi hampir semua aktifitas teknologi informasi yang berbasis jaringan komputer membutuhkan dan menggunakan internet. Hotspot merupakan  jaringan internet tanpa menggunakan kabel yang bisa diakses oleh semua perangkat elektronik, seperti komputer (PC), laptop, tablet dan cellular phone. Kampus Universitas Saintek Muhammadiyah Jakarta, menyediakan jaringan  internet Hotspot yang dapat diakses untuk kebutuhan pembelajaran mencari informasi dari berbagai bidang ilmu pengethuan bagi dosen dan mahasiswa. Namun dari hasil observasi banyak kendala yang dihadapi pada saat mengakses internet, sesama pengguna dapat saling berebut paket ini tanpa berhenti dan tanpa batas, sehingga mengakses Internet akan terasa menyulitkan jika dipakai selamanya, sinyal yang tidak merata, tidak ada autentikasi login dan pembagian bandwith. Oleh karena itu perlu dibangun infrastruktur jaringan hotspot yang handal untuk mengakses internet, maka kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini perlu dilaksanakan.  Metode  pelaksanaan kegiatan PKM ini dilakukan melalui berbagai tahapan antara lain tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan dan tahapan evaluasi. Hasil dari  kegiatan PKM ini adalah mahasiswa, dosen dan pegawai Kampus Universitas Saintek Muhammadiyah Jakarta dapat terhubung ke jaringan hotspot dengan autentikasi dan pembagian bandwith sehingga akses internet lebih cepat dan handal.

References

[ 1] A. A. Mamusung, N. B. Anshary, R. A. Sumarni, 2020, Perancangan Sistem Monitoring Gangguan Akses Wifi.Id PT Telkom Wilayah Jakarta Timur Berbasis Netbeans, Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informatika, No.3, Vol.3, pp 255–261.

[ 2] E. Putra, R. A. Bugis, 2019, Implementasi Hotspot Dengan User Manager Untuk Internet Wireless Menggunakan Mikrotik RB-951Ui Di SMK Swasta Al-Washliyah Pasar Senen 2 Medan, Jurnal Teknologi Informasi, No.1, Vol.3, pp 58-65.

[ 3] I. Sofana, 2008, Membangun Jaringan Komputer (Mudah Membuat Jaringan Komputer (Wire dan Wireless) untuk Pengguna Windows dan Linux), Penerbit Informatika Bandung, Bandung.

[ 4] Jalil, Y. Salima, F. Fattah, 2020, Simulasi Jaringan Lokal Menggunakan Sistem Kerja The Dude,Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam, No.1, Vol. 1, pp 6-10.

[ 5] J. D. Santoso, 2020, Analisis Perbandingan Metode Queue Pada Mikrotik, Jurnal Pseudocode, No.1,Vol.7, pp 1-7.

[ 6] Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan dalam masa pandemi covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41-48.

[ 7] Madcoms. 2009. Membangun Sistem Jaringan Komputer. Penerbit Andi, Yogyakarta.

[ 8] Marenda, P. (2019). Fungsi Internet, Mengenali Kelebihan dan Kekurangannya, https://www.liputan6.com/citizen6/read/3921529/fungsi-internet-mengenali-kelebihan-dan-kekurangannya, diakses 29 Februari 2021.

[ 9] Pratama, E. K., Purnama, R. A., Firmansyah, F., Anwar, R. S., & Al Kautsar, H. A. (2021). Perancangan Perluasan Jaringan Dengan Fitur Security Profile Mikrotik Berbasis Wireless. Jurnal Akrab Juara, 6(1), 46-53.

[ 10] Riadi, I., Herman, H., & Ifani, A. Z. (2021). Prototype Pengembangan Aplikasi Login menggunakan Teknologi Blockchain. Journal of Applied Informatics and Computing (JAIC), 5(1), 1-8.

[ 11] Rusdan, M., & Sabar, M. (2020). Analisis dan Perancangan Jaringan Wireless Dengan Wireless Distribution System Menggunakan User Authentication Berbasis Multi-Factor Authentication. Journal of Information Technology, 2(1), 17-24.

[ 12] Teori Komputer. (2019). Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kelemahan Jaringan Wireless - wireless network, https://www.teorikomputer.com/2015/04/pengertian-jaringan-komputer-tanpa.html, diakses 28 Februari 2021.

[ 13] Tobing, S. M. (2019). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Informasi Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. JURNAL PEKAN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(1), 64-73.

Downloads

Published

30-12-2023