Pelatihan Mencegah Hipertensi dengan Makan dan Olahraga di Sekolah Lansia Bahagia Wilayah Cilodong Depok

Authors

  • Ria Rosalina Universitas Saintek Muhammadiyah

Keywords:

lansia, hipertensi, makan, olahraga

Abstract

Berdasarkan UU Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan upaya pemeliharaan kesehatan bagi lanjut usia harus ditujukan untuk menjaga agar tetap hidup sehat dan produktif secara sosial maupun ekonomis. Selain itu pemerintah wajib menjamin ketersediaan pelayanan kesehatan dan memfasilitasi kelompok lanjut usia untuk dapat tetap hidup mandiri dan produktif diharapkan lansia dapat menikmati masa tua yang sehat aktif produktif dan melalui program selanjutnya di masyarakat di samping itu penting untuk melakukan deteksi dini resiko penyakit lansia melalui skrining resiko kesehatan. Dari banyaknya penyakit yang menyerang lansia hipertensi adalah yang paling dekat dengan mereka. Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang umum dijumpai di masyarakat. Angka kematian karena hipertensi di Indonesia sangat tinggi. Kasus hipertensi  banyak dijumpai terutama pada lansia. Adapun pemahaman mengenai penyakit hipertensi dan upaya pencegahan serta penanganan awal hipertensi masih belum banyak diketahui oleh warga lansia. Tindakan pencegahan berupa promotif dan preventif saat ini menjadi prioritas. Adanya peningkatan pemahaman masyarakat mengenai penyakit hipertensi diharapkan dapat menurunkan angka morbiditas dan mortalitas penyakit hipertensi.

Kegiatan Pengabdian masyarkat menggunakan pendekatan pelatihan Kegiatan pelatihan dan pemeriksaan kesehatan pada lansia di Sekolah Lansia Bahagia Kelurahan Jatimulya Kecamatan Cilodong dilakukan dengan menggunakan metode pelatihan dan pemberian edukasi serta diskusi dan tanya jawab. Tujuannya memberi pelatihan seputar kesehatan dan bagaimana para lansia dapat mengetahui serta memahami bahwa makanan dan olahraga dapat mencegah hipertensi sehingga menjadi lansia mandiri dan dapat hidup dengan sehat dan tetap bugar . Pelatihan tersebut dibimbing oleh Narasumber dengan kolaborasi yang afik dengan sekolah lansia Bahagia di kelurahan Jatimulya Kecamatan Cilodong. Program pelatihan ini diharapkan bemanfaat bagi lansia untuk dapat mencegah hipertensi dengfan memahami pola makan dan olahraga.

Hasil Pengabdian ini menyatakan bahwa kegiatan pelatihan yang diberikan sudah 100% terlaksana, kemudian hasil pengabdian menyatakan adanya kemauan dan motivasi dari lansia mampu melakukan pencegahan dini terhadap pencegahan penyakit hipertensi melalui makan dan olahraga, sehingga para  lansia dapat hidup mandiri,  sehat dan tetap bugar.

References

[ 1] Sutarga, IM. (2017). Hipertensi dan Penatalaksanaannya. Tesis Universitas Udayana, https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/8632749571344b5ee00a442860cce27b.pdf.

[ 2] Tinambunan, AD. (2021). Implementasi Pelayanan Promotif Dan Preventif Untuk Penyakit Hipertensi Di Puskesmas Tegal Sari Kecamatan Medan Denai Tahun 2020. Skripsi Universitas Sumatera Utara, https://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/30760/161000217.pdf?sequence=1&isAllowed=y.

[ 3] WHO. (2012). Soil Transmitted Helminthiases : Eliminating Soil Transmitted Helminths as a Public Health Problem in Children : Progress Report 2001-2010 and Strategic Plan 2011-2020. Publications of the WHO are available on WHO. 1211. Geneva. 27., 1-11.

[ 4] WHO. (2013). Weekly Epidemiology Record. WHO 2013 : p.86:257-268.

[ 5] WHO. (2021). Vismita Gupta : Episode #59 - Flu & COVID-19. Media resources Science in 5 https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019

[ 6] Zhang, et.al. (2020). Well-being mediates the effects of social support and family function on self-management in elderly patients with hypertension. Psychology, Health & Medicine, Vol. 25 Issue 5 2020,

Downloads

Published

30-12-2023