APLIKASI PENGAJUAN CUTI ONLINE BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE SDLC (SOFTWARE DEVELOPMENT LIFE CYCLE) PADA TOKO BINTANG PARFUM SERDANG

Authors

  • Deni Murdiani Universitas Saintek Muhammadiyah
  • Halimah Kurnia Fitriani STMIK Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

aplikasi, android, cuti, parfum

Abstract

Cuti merupakan keadaan tidak masuk kerja yang diizinkan dalam jangka waktu tertentu.seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, aplikasi yang berbasis android ini di manfatkan sebagai peningkatan informasi. Hal ini yang menjadi bagian dari perlunya aplikasi pengajuan cuti online berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pengajuan cuti yang sebelumnya manual menjadi berbasis android dengan adanya aplikasi pengajuan cuti berbasis android diharapkan dapat membantu proses approve cuti yang tidak memerlukan waktu yang lama. Teknik pengumpulan data observasi langsung kelapangan bertemu owner toko bintang parfum serdang.

Metode pengembangan software menggunakan SDLC (System Development Life Cycle). Alat bantu pengembangan sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language), bahasa pemrograman memakai PHP, Javascript, Android Studio, dan database menggunakan MySQL.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi pengajuan cuti online berbasis android pada toko bintang parfum serdang yang mampu mengelola pengajuan cuti online dengan memudahkan pegawai mengajukan cuti nya dengan menggunakan aplikasi yang sudah di instal tanpa harus menunggu owner ke toko untuk approve cuti pegawai.

Downloads

Published

28-02-2023