SISTEM INFORMASI UJIAN ONLINE BERBASIS WEB PADA SMK MUHAMMADIYAH 01 BEKASI

Authors

  • Dewi Estri Jayanti Harahap Universitas Saintek Muhammadiyah
  • Fajar Saputra Universitas Saintek Muhammadiyah
  • Imam Suprapta Universitas Saintek Muhammadiyah

Keywords:

sistem, informasi, ujian online

Abstract

Teknologi komunikasi dan elektronik sudah sedemikian berkembang pesat, sehingga menyebabkan pendidikan juga turut mengalami peningkatan dalam hal kualitas, kecepaatan, kepraktisan dan juga kemudahan, ujian konvensional pun bergeser ke arah komputerisasi salah satunya dengan adanya ujian online. SMK Muhammadiyah 01 Bekasi bertujuan memperoleh kemudahan dalam melakukan kegiatan kegiatan ujian secara online, Sistem Informasi ini memudahkan proses – proses tersebut, sehingga proses ujian akan lebih efektif dan efisien dan memberikan kemudahan bagi guru SMK Muhammadiyah 01 Bekasi untuk menjalankan ujian secara online.

Metode yang digunakan yaitu waterfall adalah metode yang menyediakan pendekatan alur hidup perangkat lunak secara sekuensial atau terurut dimulai dari analisis, desain, pengodean, pengujian, dan tahap pendukung (support). Desain Aplikasi Menggunakan sistem UML (Unified Modelling language) yaitu terdiri dari use Case Diagram, Class Diagram, Activity Diagram dan Squence Diagram. Sedangkan untuk bahasa pemrograman menggunakan Hypertext Preprocessor (PHP) , Cascading Style Sheet (CSS), JavaScript, dan MySQL sebagai database.

Hasil penelitian ini dapat mempermudah proses alur ujian, manajemen nilai, pendataan siswa,proses kegiatan penilaian. Dengan adanya system ujian online berbasis web ini, SMK Muhammadiyah 01 Bekasi bisa mengurangi anggaran dan waktu yang dibutuhkan relatif sedikit sehingga lebih efektif dan efisien .

Downloads

Published

30-12-2023