Pengembangan E-Modul Usaha dan Energi Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Higher Order Thingking Skills (HOTS) Siswa SMK Assalam
Keywords:
e-modul, berpikir tingkat tinggi, pembelajaran berbasis masalahAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan E-modul Usaha dan Energi berbasis Problem Based Learning dan menganalisa efektivitas dan kelayakan penggunaan e-module dalam meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Penelitian ini didasarkan pada penelitian dan pengembangan. Penelitian ini mencakup penelitian dan pengembangan model Borg dan Gall dengan langkah-langkah: perencanaan, pengembangan produk awal, pengujian awal, revisi produk utama, uji coba kelompok besar, revisi operasional produk, uji coba operasional, revisi produk akhir, dan diseminasi dan distribusi.Hasil kelayakan oleh ahli materi didapatkan rata-rata presentase keseluruhan aspek sebesar 88 %, ahli media 72% dan ahli pembelajaran sebesar 78% termasuk dalam kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul dengan model Problem Based Learning kelas 10 SMA layak digunakan dalam penelitian. Hasil uji efektifitas diperoleh N Gain sebesar 0,65 yang menunjukan bahwa e-modul Usaha dan Energi berorientasi PBL dapat meningkatkan kemampuan HOTS siswa dengan kategori sedang. Hasil kuisoner uji lapangan yang di isi oleh siswa mendapatkan presentase 82% dengan intepretasi sangat baik. Berdasarka uji efektifitas dapat disimpulkan e-modul dinyatak layak dan dapat meningkatkan kemampuan HOTS siswa.References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Borg, W.R. and M.D. Gall. 1998. Educational Research: An Introduction. Pearson Education Inc. Boston
Daryanto, 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review 16 (3): 235–266.
Hung, W. (2011). Theory to reality: A few issues in implementing problem- based learning. Educational Technology Research and Development 59 (4), 529–552.
Lisa A. Giacumo, W. S. (2012). Facilitation prompts and rubrics on higher-order thinking skill. Journal of Educational Technology.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan . Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama
Schmidt, H.G, Rotgans, J.I., & Yew, E.H.J. (2011). The process of problem- based learning: what works and why. Medical Education 45 (8),792–8.
Sugianto, Dony dkk, 2013. Modul Virtual: Multimedia FlipBook Dasar Teknologi Digital. Jurnal INVOTEC, 9(2): 110-116
Trianto, (2010). Mendesain model-model pembelajaran inovatif-progresif konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP ),(Jakarta:kencana, 2010), Edisi 1 Cet 4, h.92
Widoyoko, S. E. P. 2016. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar