SISTEM INFORMASI KEPUASAN PELANGGAN PADA STMIK MUHAMMADIYAH JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.56459/sibernetika.v8i2.63Keywords:
sistem informasi, kepuasan pelanggan, android, service qualityAbstract
Selama ini kepuasan pelanggan di STMIK Muhammadiyah Jakarta dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada mahasiswa sehingga menimbulkan masalah data menjadi menumpuk dan terabaikan. Dengan kemajuan teknologi informasi dan infrastuktur jaringan internet saat ini memungkinkan untuk membuat aplikasi kepuasan pelanggan. Aplikasi ini merupakan suatu sistem yang dirancang untuk dapat menghasilkan keluaran (output) berupa nilai kepuasan pelanggan terhadapi institusi. Selain dapat menekan biaya, aplikasi kepuasan pelanggan yang terintegrasi dengan internet akan memudahkan mahasiswa untuk melakukannya dimana saja dan kapan saja. Sistem ini dikembangkan dengan menggunakan metodologi waterfall Pressman. Dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP pada web server dan java pada android, untuk wadah penyimpanan data atau disebut basisdata yang digunakan adalah MYSQL.
Penelitian ini menggunakan metode Servqual (Service Quality), metode ini untuk mengidentifikasi dan memprioritaskan kepuasan konsumen, dimensi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reability, Responsive, Asssurance, Empathy, dan Tangible. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menghasilkan sebuah Sistem Informasi Kepuasan Pelanggan yang dapat memberikan informasi kepuasaan pelanggan terhadap pelayanan STMIK Muhammadiyah Jakarta sehingga dapat meningkatkan kinerja pelayanan pelanggan.
References
I Putu Agus Eka Pratama, 2014 Sistem Informasi dan implementasinya, Bandung, Informatika Bandung.
Tata Subatri, 2003.Analissi Sistem Informasi,Yogyakarta: Andi
Rinne Dwi Zoraya, Yulianti Yulianti, Heri Priyanto, 2016, Rancang Bangun Aplikasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Pdam Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak Dengan Metode Cut Off Point Berbasis Android
Pradipta Angga Saputra, Adi Nugroho, 2017, perancangan dan imlementasi survei kepuasan pengunjung berbasis web di perpustakaan daerah kota salatiga.
Walidatush shalihah, hasma dwi azra, 2016. Aplikasi Survei Kepuasan Mahasiswa Berbasis Web di program diploma IPB
Budi Harijanto, yuri Ariyanto, 2014, Sistem Informasi pengukuran kepuasaan pelanggan (study kasus politeknik negeri malang)
M. Ghozali Rafsanjani, 2016, Rancang Bangun aplikasi analisis kepuasan pelanggan pada speedrocky gym surabaya
Al-Bahra bin Ladjmudin, 2005. Analisis dan Desain Informasi, yogyakarta:Graha Ilmu
Freddy Rangkuti, 2017, Customer Care Excelent meningkatkan kinerja perusahaan melalui pelayanan prima. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama
Safaat H, Nazruddin, 2012, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android (edisi revisi). Informatika, Bandung