SISTEM INFORMASI WEDDING ORGANIZER BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE WATERFALL PADA PALANTA OMSIMA PEKANBARU

Authors

  • Nina Meliana STMIK Muhammadiyah Jakarta
  • Zuljalali Wal Ikram STMIK Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

sistem, informasi, web, wedding organizer, palanta omsima pekanbaru

Abstract

Wedding organizer Palanta Omsima adalah sebuah perusahaan yang cukup besar dalam bidang jasa pernikahan, namun Palanta Omsima masih menggunakan sistem manual dalam menjalankan bisnisnya. Seiring berkembangnya teknologi, Palanta Omsima memiliki banyak pesaing wirausaha yang menjalankankan bisnis yang sama, terlebih sudah banyak yang memanfaatkan ilmu komputer dan internet dalam menunjang proses bisnis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk membantu wedding organizer Palanta Omsima dalam transformasi digital bisnisnya yaitu dalam hal pengelolaan data. Sistem yang dirancang dapat membuat jangkauan lebih luas lagi untuk mempromosikan bisnis melalui website, meningkatkan omset, pengelolaan data pelanggan, pengelolaan asset perusahaan serta pembayaran dan penyajian informasi dalam database dan mempercepat pencarian data apabila diperlukan.

Metode pengumpulan data menggunakan penelitian langsung ke lapangan, penelitian pustaka, serta wawancara langsung kepada owner wedding organizer Palanta Omsima Pekanbaru. Penulis juga menggunakan metode waterfall dalam pengembangan dan perancangan aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database menggunakan MySQL.

Manfaat dari pembuatan Aplikasi Sistem Informasi Wedding Organizer Berbasis Web pada Palanta Omsima Pekanbaru ini, dapat membantu dalam memperluas pangsa pasar, serta tidak perlu lagi untuk melakukan pencatatan secara manual karena risiko yang besar terhadapnya yaitu kertas yang mudah rusak. Dengan adanya aplikasi ini, pihak Palanta Omsima hanya perlu melakukan update informasi pada website tersebut.

Downloads

Published

28-02-2023