SISTEM INFORMASI PELAYANAN PENYUSUNAN RENCANA TENAGA KERJA PROVINSI / KABUPATEN / KOTA BERBASIS WEB DI PUSAT PERENCANAAN KETENAGAKERJAAN

Authors

  • Mochmmad Arief Sutisna STMIK Muhammadiyah Jakarta
  • Subandi STMIK Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

sistem, informasi, perencanaan, enaga kerja, provinsi/kabupaten/kota, web

Abstract

Pelayanan perencanaan tenaga kerja provinsi/kabupaten/kota yang saat ini berjalan adalah melalui pelatihan bagi staf dinas tenaga kerja Provinsi/Kabupaten/Kota, kendala yang terjadi adalah staf dinas tenaga kerja yang telah di latih belum mampu menyusun rencana tenaga kerja secara mandiri karena keterbatasan waktu dan materi yang diberikan dalam pelatihan, selain itu seiring perubahan pimpinan daerah sering terjadi mutasi pegawai di daerah, hal ini menyebabkan staf yang mendapatkan pelatihan penyusunan rencana tenaga kerja daerah sering terkena mutasi.

Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metodologi pengembangan perangkat lunak Waterfall dengan tahapan Requirements, Analysis, Design, Testing, Maintenance. Selain itu, penulis juga menggunakan metode pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi, dan wawancara. Aplikasi yang dirancang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database penyimpanan data.

Maksud dari penelitian ini adalah untuk membantu memaksimalkan kinerja instansi terkait dalam hal proses kerja yang ada dengan membuat Sistem Informasi Penyusunan Rencana Tenaga Kerja Daerah Berbasis Web di Pusat Perencanaan Ketenagakerjaan, Badan Perencanaan dan Pengembangan Ketenagakerjaan, Kementerian Ketenagakerjaan R.I. dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam proses kerja.

Downloads

Published

28-02-2023