SISTEM INFORMASI PENJUALAN SUKU CADANG MOBIL BERBASIS WEB PADA BENGKEL BINTANG JAYA MOTOR BEKASI

Authors

  • Nina Meliana STMIK Muhammadiyah Jakarta
  • Lutfiah Fajarini Fuadi STMIK Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

sistem, penjualan, suku cadang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam menyajikan data yang dibutuhkan oleh bengkel masih manual. Sehingga banyak sekali kesulitan untuk mengolah data ketersediaan barang, apalagi data yang diolah terlalu banyak dikarenakan stok suku cadang terdiri dari berbagai jenis. Tujuan dalam pembuatan sistem informasi penjualan suku cadang mobil berbasis web pada Bengkel Bintang Jaya Motor Bekasi, diharapkan dapat mempermudah dalam penghitungan keluar masuk barang, sehingga karyawan tidak perlu menghitung manual menggunakan kalkulator bila ada pembelian suku cadang.

Metode pengumpulan data dengan observasi, studi pustaka dan wawancara. Metodologi air terjun atau disebut metode waterfall, sering dinamakan siklus hidup klasik (classic life cycle), dimana hal ini menggambarkan pendekatan yang sistematis dan juga berurutan pada pengembangan perangkat lunak, dimulai dengan spesifikasi kebutuhan pengguna lalu berlanjut melalui tahapan-tahapan perencanaan (planning), permodelan (modeling), konstruksi (construction), serta penyerahan sistem ke para pelanggan/pengguna (deployment), yang diakhiri dengan dukungan pada perangkat lunak lengkap yang dihasilkan.

Dengan adanya sistem informasi penjualan suku cadang berbasis web ini dapat memudahkan admin dan pegawai pada bengkel Bintang Jaya Motor Bekasi dalam mengolah dan mengelola data secara terkomputerisasi sehingga proses kerja dapat dilakukan dengan mudah , cepat dan akurat.

Downloads

Published

28-02-2023