SISTEM INFORMASI SEKOLAH BERBASIS WEB PADA MADRASAH DINIYAH AL-IZDIHAR PAGUYANGAN

Authors

  • Habibah Nurfauziah STMIK Muhammadiyah Jakarta
  • Dewi Setiyawati STMIK Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

sistem, informasi, sekolah, web

Abstract

Madrasah Diniyah Al-Izdihar merupakan lembaga pendidikan yang pengelolaan data sekolah masih dilakukan secara manual, maka terdapat beberapa permasalahan, diantaranya; waktu yang lama dalam proses pengolahan data, proses pencarian data yang susah dilakukan karena harus buka berkas dalam bentuk tumpukan kertas, pelaporan yang membutuhkan waktu yang relatif lebih lama, dan tingkat akurasi rendah karena masih berbasis tulisan tangan. Salah satu sistem informasi berbasis komputer adalah website, biasanya sistem informasi web ini ada dalam bentuk offline ataupun online. Penyebaran atau penyampaian informasi yang di lakukan pada sistem informasi online dapat di akses oleh siapa saja dan dimanapun dengan ketentuan harus mempunyai sambungan internet.

Berdasar pada permasalahan di atas, penulis bermaksud melakukan penelitian dengan mengkaji berbagai teori dan metodologi yang relevan dengan tujuan memberikan solusi melalui pengkajian beberapa teori dan observasi dilapangan dalam rangka perancangan sistem informasi sekolah berbasis web. Metodologi pengembangan aplikasi yang penulis gunakan adalah metode SDLC (System Develop Life Cycle) dengan model proses waterfall yang terdiri dari tahapan; Requirement analisis, system design, implementation, integration & testing, maintenance & operation. Penulis memberikan usulan solusi dalam bentuk pembuatan Sistem Informasi Sekolah Pada Madrasah Diniyah Al – Izdihar Paguyangan.

Hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa dengan adanya Sistem Informasi Sekolah Madrasah Diniyah Al-Izdihar Paguyangan memberikan kemudahan penanganan informasi pengelolaan madrasah dengan akurat, cepat dan tepat kepada pengguna maupun user, dengan demikian solusi permasalahan yang ada dilatar belakang dapat diatasi, sehingga dapat menjadi bahan masukan dalam menyelesaikan kendala teknis yang terjadi, agar dapat membantu proses pelayanan pada Madrasah Diniyah Al – Izdihar Paguyangan dengan efektif dan efisien.

Downloads

Published

28-02-2023