SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENCARIAN MOBIL YANG TERBAIK BERBASIS WEB DI DEALER MOBIL 88

Authors

  • Dora Bernadisman Universitas Saintek Muhammadiyah,
  • Moh. Ari Kurniawan STMIK Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

sistem pendukung keputusan, mobil, FMADM

Abstract

Selama ini pencarian mobil masih ditampilkan secara random dan tidak memiliki indikator untuk mengetahui mobil bekas itu terbaik atau tidak, sehingga member yang ingin mencari mobil bekas harus memilih-milih yang menurutnya bagus, sehingga tidak efisien. Dari permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) dalam sistem pencarian mobil yang mampu memberikan alternatif terbaik kepada member.

Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, studi dokumen dan wawancara sedangkan metode pengembangan sistem menggunakan model waterfal yang terdiri dari requirement analysis, design, implementation, testing dan maintenance. Sistem pendukung keputusan berbasis web ini di bangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP serta memanfaatkan database MySQL sebagai database server.

Hasil dari penelitian ini adalah terbentuknya sistem pendukung keputusan berbasis web yang mampu memberikan alternatif terbaik kepada member dalam pencarian dan pemilihan mobil sehingga dapat mengurangi terjadinya kesalahan dalam memilih mobil terbaik sesuai kebutuhan. Sistem ini juga dapat membantu dealer mobil88 dalam mengelola data, memberikan rekomendasi mobil terbaik dan mampu menyajikan reporting yang akurat dan realtime kepada admin dan operator.

Downloads

Published

28-02-2023