SISTEM INFORMASI PENJUALAN KOPI BERBASIS WEB PADA COFFEEECO BEKASI

Authors

  • Bambang Subana Afandi Universitas Saintek Muhammadiyah
  • Mochamad Kukuh Syahputra Universitas Saintek Muhammadiyah

Keywords:

sistem, informasi, coffeeeco

Abstract

Pada era yang serba digital ini, dibutuhkan kecepatan dan kemudahan dalam bertransaksi khususnya pada sektor makanan danminuman. Salah satunya minuman kopi yang menjadi tren saat ini. Dengan meningkatnya konsumsi minuman kopi dan sejenisnya di masyarakat, dibutuhkan sebuah sistem informasi yang tepat guna untuk mempermudah melakukan pemesanan produk. Websitemerupakan salah satu sarana yang dapat dijadikan media untuk bertransaksi melalui internet.

Sebuah usaha masa sekarang diperlukan sistem informasi yang kompleks seperti kaitannya dengan penelitian kali ini yaitu COFFEEECO yang dijadikan objek penelitian. Pada sistem informasi ini menggunakan program berbasis website yang menggunakan framework Codeigniter . Penulis menggunakan metode pengembangan sistem dengan model SDLC ( Software Development Life Cyle)atau Air Terjun (waterfall). Dalam metode ini di bagi menjadi beberapa tahapan yaitu analisa kebutuhan (Requirement Analysis), desain (Design), implentasi (Implementation), penujian (Testing), pemeliharaan (Maintenance). Microsoft Visual Studio Code yang digunakan untuk mengolah bahasa pemrograman Web dan MySql sebagai basis data atau database.

Hasil dari penelitian pada Coffeeeco berbasis Website yang telah mampu menghasilkan platform yang dapat mempermudah kegiatan penjualan, pemesanan, dan penyimpanan data stok. Peningkatan efektifitas alur interaksi antara pelanggan dengan penjual akan dapatlebih baik dibandingkan mekanisme yang telah ada sebelumnnya. Namun masih perlu dilakukan beberapa pemenuhan logika pemrograman yang tepat agar sistem informasi yang dikembangkan dapat berjalan lebih baik.

Downloads

Published

30-12-2023