SISTEM INFORMASI INVENTARIS BARANG BERBASIS WEB PADA SMA BUDI MULIA UTAMA

Authors

  • Deni Murdani Universitas Saintek Muhammadiyah
  • Rini Jayanti Oktafiani Universitas Saintek Muhammadiyah
  • Fitri Anggraini Universitas Saintek Muhammadiyah

Keywords:

sistem, informas, inventaris, web, metode, waterfall

Abstract

Teknologi informasi saat ini sudah semakin berkembang dengan begitu banyak kemudahan dalam segala hal. Informasi suatu keadaan barang sangat diperlukan oleh pegawai sekolah. Saat ini sekolah mengetahui keadaan barang hanya secara manual yaitu mengecek langsung ke gudang penyimpanan barang. Cara ini terbilang tidak efektif dikarenakan lambat dalam memberikan informasi keadaan stok barang ataupun kerusakan barang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode waterfall, dengan pendekatan System Development Life Cycle (SDLC) paling awal yang digunakan untuk pengembangan perangkat lunak. Tahapan dalam metode waterfall dimulai dari proses perencanaan, analisa, desain, dan implementasi pada sistem. Tahapan penelitian ini meliputi analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, pengujian dan pemeliharaan. Desain aplikasi menggunakan UML (Unified Modelling language) yaitu terdiri dari use case diagram, class diagram, activity diagram dan squence diagram. Bahasa pemrograman menggunakan Hypertext Preprocessor (PHP) dan MySQL sebagai databasenya.

Hasil dari penelitian ini adalah dibangunnya sebuah aplikasi sistem informasi inventaris barang berbasis web yang digunakan oleh pegawai sekolah pada SMA Budi Mulia Utama untuk mendapatkan sebuah laporan. Tingkat keberhasilan atas penelitian ini berhasil dilakukan dengan pencapaian 70% web dapat digunakan secara optimal dan dapat diterapkan di lingkungan sekolah.

Downloads

Published

30-12-2023